Tips Diet Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal dan Tingkatkan Imun

Tips Diet Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal dan Tingkatkan Imun

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 06 Feb 2021 07:00 WIB
Hindari 6 Kesalahan Memasak Ini Agar Makanan Tetap Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/jeffbergen
Jakarta -

Tips diet sehat dapat dijalankan dengan mengikuti diet seimbang. Diet seimbang mencakup lima kelompok makanan dari mulai karbohidrat hingga lemak sehat.

Mengonsumsi makanan gizi seimbang merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit.


Diet sehat tidak selalu harus tujuan akhirnya menurunkan berat badan. Akan tetapi dengan menjalankan pola makan yang sehat tentu hasil akhirnya akan mendapatkan tubuh yang sehat juga.

Sayur dan buah juga termasuk ke dalam gizi seimbang. Rutin menikmati kedua bahan makanan tersebut dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Dalam gizi seimbang tidak boleh ada salah satu asupan zat gizi yang kurang. Ada lima kelompok makanan yang perlu dikonsumsi dalam satu kali makan yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan produk susu.

Untuk sayuran sebaiknya jangan diolah dengan cara digoreng agar nilai gizinya tidak berkurang. Sebaiknya diolah dengan cara dikukus ataupun ditumis dan juga bisa dijadikan sebagai lalapan.

Berikut penjelasan tentang bahan makanan dalam tips diet sehat:

1. Buah-buahan

Yang termasuk diet sehat adalah buah-buahan. Sebaiknya konsumsi buah dalam keadaan utuh jangan di jus. Karena jus mengandung serat yang lebih rendah. Dan jangan mengonsumsi buah dengan tambahan gula ya.

2. Sayuran

Sayuran hijau ataupun berwarna sama-sama mengandung vitamin, mineral dan juga antioksidan yang sangat baik untuk menjaga imunitas.

Sayuran segar sangat mudah diolah dengan paduan bumbu dan rempah. Bisa ditumis atau dijadikan sebagai sayur bening. Sayuran seperti bayam, kangkung, wortel hingga brokoli bisa jadi pilihan.

Red rice in a wooden spoon on red rice background.Please see:Red rice in a wooden spoon on red rice background.Please see: Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25

3. Biji-bijian

Dikutip dalam Medical News Today, ada dua jenis kelompok biji-bijian yaitu biji-bijian utuh dan olahan. Biji-bijian utuh lebih banyak mengandung serat sedangkan biji-bijian olahan lebih sedikit mengandung serat.

Beberapa jenis biji-bijian yang dapat dikonsumsi adalah biji gandum, beras merah hingga soba.

4. Protein

Protein menempati posisi seperempat dari piring seseorang. Protein sangat bermanfaat untuk membangun, memperbaiki dan memperkuat jaringan tubuh. Selain itu protein juga diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, kulit dan darah.

Protein terbagi menjadi dua yaitu protein nabati dan hewani. Untuk protein nabati Anda bisa mendapatkannya dari kedelai, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Sedangkan untuk protein hewani bisa didapatkan dari telur, ayam, ikan, seafood serta daging merah.

5. Susu dan produk olahannya

Produk susu dan kedelai yang diperkaya merupakan sumber kalsium yang penting. Salah satu produk susu dan olahannya bisa dikonsumsi setiap hari yakni keju, susu, susu rendah lemak, yogurt serta susu kedelai.

Selain tips sehat untuk diet di atas, Anda juga bisa mengikuti cara diet sehat selebriti untuk menjaga berat badan. KLIK DI SINI untuk lihat informasi lengkapnya.



Simak Video "Ayam Geprek hingga Dendeng Vegetarian Mulai Rp 37 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Tips Sehat